PSIKOSOSIAL DALAM MEMBERIKAN BANTUAN TERHADAP KORBAN BENCANA ALAM

Posted by my profile Senin, 19 Desember 2011 2 komentar

            Rasa solidaritas bangsa Indonesia yang sangat tinggi merupakan satu hal yang penting untuk hidup harmonis diantara keberagaman yang ada, hal tersebut tercermin dari banyaknya bantuan yang datang dari berbagai daerah
ketika bencana terjadi. Banyak pihak yang ingin membantu meringankan beban mereka yang terkena bencana, entah itu dengan cara menjadi relawan, menyumbangkan sebagian penghasilan mereka atau pakaian pantas pakai, semua itu mereka lakukan dengan tujuan yang sama yaitu mengurangi beban mereka yang terkena bencana.
            Namun terkadang ada yang melupakan bahwa para korban bencana juga membutuhkan dukungan moral/tempat berbagi, tempat untuk bercerita tentang kesedihan yang mereka hadapi sehingga beban batin mereka bisa sedikit berkurang, bantuan moral itu sangatlah penting, karena dengan munculnya kembali semangat dan kepercayaan diri, mereka bisa dengan tegar menyongsong hari esok.
Tidak semua orang bisa dan mau melakukannya, karena dalam melakukannya tidak semudah yang dibayangkan. Apabila melakukannya tidak sesuai dengan langkah-langkah yang benar,  maka para korban bencana pun justru merasa semakin psimis dengan kehidupannya dihari esok.
            Dalam masalah ini, psikologi mempunyai peran yang sangat penting, Psikologi yang mengkaji masalah sosial yaitu psikologi sosial sangatlah tepat apabila diterapkan untuk membantu para korban dalam memberikan dukungan moral. Langkah sederhana yang biasa dilakukan adalah sebagai berikut :
·         Berkomunikasi dengan korban dengan baik, sapa mereka dan buat kesan pertama yang positif.
·         Ciptakan suasana hangat dalam berkomunikasi.
·         Tataplah wajah dan mata lawan bicara dengan lembut untuk memperlihatkan perhatian secara tulus.
·         Mendengarkan setiap perkataan mereka dengan seksama, diselingi menganggukkan kepala dan tidak menyela pembicaraan.
·         Menghindari memberikan penilaian, kritik, nasehat.
·         Memberikan kebebasan kepada korban untuk menampilkan diri sebagai orang yang tidak sempurna.
·         Serta mengulang kembali apa yang diungkap oleh korban, agar terkesan serius.
Selama berkomunikasi dengan korban, ketrampilan anda dalam berkomunikasi sangatlah menentukan kelancarannya. Namun ada beberapa perkataan yang harus anda hindari karena bisa membuat korban tersebut merasa down secara mental, seperti: “Ada peristiwa yang lebih buruk dialami orang lain dibandingkan apa yang anda alami sekarang”, “Anda bisa mendapatkan kembali rumah, pekerjaan Anda, dll.”, “Lebih baik anda menyibukkan diri.”, “Saya tahu bagaimana perasaan Anda.”
Semoga sekilas informasi PSIKOSOSIAL DALAM MEMBERIKAN BANTUAN TERHADAP KORBAN BENCANA ALAM dapat bermanfaat, sehingga dalam menghadapi situasi bencana kita tidak hanya bisa mengurangi beban materiil mereka, namun juga beban moral mereka. Terima kasih.



TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PSIKOSOSIAL DALAM MEMBERIKAN BANTUAN TERHADAP KORBAN BENCANA ALAM
Ditulis oleh my profile
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://inteksol.blogspot.com/2011/12/psikososial-dalam-memberikan-bantuan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

thanks infonya....

punya info psikologi anak ndak?

Anonim mengatakan...

thanks infonya....

punya info psikologi anak ndak?

Poskan Komentar

Silahkan anda berkomentar, namun tetap jaga kesopanan dengan tidak melakukan komentar spam.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Panduan blog dan SEO support Jual Online Baju Wanita - Original design by Bamz | Copyright of INTEKSOL.